PREMADEVI YOGA

Pusat Latihan Yoga Wanita di Bali

Manfaat Asanas

Copy of Prem1-4R

1. Nama gerakan : Ustrasana

Peraga : Onik Premadevi Yoga

100_1329 Asanas ini bermanfaat untuk menjaga kelenturan/flexibility dari tulang punggung (spine), untuk meningkatkan sirkulasi darah ke daerah kepala, dan untuk menyelaraskan sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

2. Nama gerakan : Druta Halasana

Peraga : Sila Premadevi Yoga

100_1325 Manfaat : Asanas ini bermanfaat untuk meregangkan (stretches) dan merangsang otot-otot punggung, persendian tulang belakang (spinal joints) dan syaraf-syaraf tulang punggung. Asanas ini juga dapat ,meningkatkan aliran darah ke leher, mengaktifkan kelenjar thyroid dan untuk tetap menjaga flexibility dari tulang punggung.

Batasan : disarankan bagi yang mempunyai masalah dengan tulang punggung dan hipertensi, untuk menghindari melakukan asanas ini.

3. Nama gerakan : Bhumi Pada Mastakasana

Peraga : Wayan Taman

100_1343 Asanas ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak, dapat membantu dalam masalah tekanan darah rendah dan juga mempunyai manfaat untuk menguatkan otot-otot kepala dan leher.

Batasan : disarankan bagi yang mempunyai masalah dengan tekanan darah tinggi untuk tidak melakukan asanas ini.

4. Nama gerakan : Mayurasana

Peraga : Putu Astina

100_1337 Asanas ini bermanfaat untuk menguatkan lengan, menjaga fleksibelitas pergelangan tangan, menyelaraskan proses-proses metabolisme dalam tubuh.

5. Nama gerakan : Hanumasana

Peraga : Sila Premadevi Yoga

100_1321
Manfaat : Asanas ini bermanfaat untuk meregangkan (stretches) dan merangsang otot-otot punggung dan paha, menyelaraskan organ-organ reproduksi dan untuk tetap menjaga flexibility dari tulang punggung.


A. VIPARITAKARANI MUDRA

Langkah langkah :

  1. Relax, perlahan lahan tekuk kaki sehingga antara paha dan kaki membentuk siku siku
  2. Secara perlahan angkat pantat dan tubuh, badan disangga dengan tangan pada posisi tangan di pinggang, untuk memindahkan berat badan ke kedua lengan dan ke kedua siku, pertahankan kedua siku sedekat mungkin.
  3. Perlahan lahan buat posisi akhir dari Viparitakarani dengan mengangkat kedua kaki vertical position dan pertahankan posisi tubuh 45o terhadap tanah.
  4. Secara perlahan, tekuk kaki dan kembali ke posisi awal

Manfaat :

  1. Menyelaraskan kelenjar kelamin dan system pengeluaran (excretory systems), merangsang kelenjar gondok, memperbaiki keseimbangan peredaran darah, system pencernaan, system reproduksi dan jaringan syaraf.
  2. Bermanfaat untuk merawat otot dubur (for anal fissures)
  3. Menyelaraskan organ organ reproduksi wanita

B. PURNA BHUJAUNGASANA

Langkah langkah :

  1. Lakukan yogic postures awal dengan tengkurap di lantai dan lengan bagian bawah pada lantai
  2. Telapak tangan di lantai dengan kedua siku dan lengan lurus, pandangan ke depan, perut menempel di lantai.
  3. Tekuk kaki perlahan, posisi tangan seperti pose 2
  4. Tekuklah kedua kaki ke arah kepala, usahakan jari jari kaki menyentuh kepala bagian atas, pandangan ke atas.

Manfaat :

  1. Membantu mengurangi berbagai penyakit kelamin pada wanita seperti leucorrhea, dysmenorrheal, dan amenorrhea. Asanas ini membantu membuat flexibility pada dorsal spinel.
  2. Membantu mengurangi timbunan lemak pada daerah abdomen
  3. Menyelaraskan kedua indung telur dan uterus.

C. HANUMANASANA

Langkah langkah :

  1. Sikap awal, berlututlah pada lutut kanan, kaki kiri di tekuk, kedua telapak tangan datar di lantai.
  2. Perlahan lahan secara rileks (tanpa ketegangan) dorong kaki kanan kebelakang, dan kaki kiri ke depan.
  3. Secara perlahan turunkan badan pelan pelan sampai pantat menyentuh lantai, pada saat pose itu kedua tangan lurus keatas.
  4. Posisi akhir bisa dilakukan dengan mencangkupkan kedua tangan di dada (Namaskara Mudra).

Manfaat :

  1. Yogic posture ini bermanfaat untuk mengurangi keluhan berbagai penyakit seksual dan membantu menyiapkan organ organ bersalin untuk melahirkan tanpa kesulitan.
  2. Bermanfaat untuk memperbaiki peredaran darah pada kedua kaki, paha dan pinggul.
  3. Merangsang organ organ dan otot otot di dalam tubuh

D. YOGA MUDRA

Langkah 4 sampingLangkah langkah :

  1. Rilekskan tubuh, luruskan kedua kaki ke depan
  2. Duduklah dalam sikap padmasana dan pertahankan tubuh tetap rileks
  3. Tariklah salah satu pergelangan tangan ke belakang punggung dengan tangan yang lain
  4. Secara perlahan bungkukkan tubuh ke depan sampai dahi menyentuh lantai

Manfaat :

  1. Bermanfaat untuk memijat organ organ perut dan membantu mengurangi penyakit yang berhubungan dengan perut seperti sembelit dan ketidaksanggupan mencerna.
  2. Menyelaraskan syaraf syaraf tulang belakang
  3. Asanas ini sangat tepat sebagai persiapan untuk meditasi, menyebabkan ketenangan dan melenyapkan ketegangan.

TERAPI 5 HATTA YOGA

Pose 1.Pascimotanasana

100_1339

Manfaat: Meregangkan urat lutut,pinggang dan mengendorkan tulang paha

Menghilangankan kelebihan lemak pada daerah perut

Menyelaraskan organ organ panggul

Menghilangkan berbagai penyakit seksual wanita

Meringankan sakit limpa,ginjal,sembelit,luka usus.

Menyembuhkan sakit kencing manis dan ambeien

PDVD_062

Pose 2.Tri asanas

Manfaat: Pengobatan berbagai penyakit kelamin (gangguan seksual)

Menyelaraskan indung telur dan rahim

Reproduksi wanita dan nyeri haid

Yoga 1

Pose 3.Gomukhasana

Manfaat: Menghilangkan sakit punggung,bahu dan leher kaku

Menyembuhkan penyakit seksual

Menyehatkan ginjal,menyembuhkan pegal pinggang,rematik

Menguatkan dada

asanas_schulterstand

Pose 4.Sarvangasana

Manfaat: Keseimbangan peredaran darah/pembersihan darah

Memperbaiki system pencernaan (gangguan usus & perut)

Kesehatan reproduksi,jaringan saraf dan kelenjar

Mencegah dan mengobati keputihan

Mencegah kembung dan menghilangkan kelebihan lemak

Menguatkan jantung yang lemah

Menguatkan tenaga pikir

Menjaga elastisitas tulang punggung/mencegah pengapuran

Menyembuhkan rematik otot,sengal pinggang dan sakit kepala

Merawat otot dubur dan paha

(Wanita haid dilarang melatih asanas ini)

asanas_matsyasana

Pose 5.Matsyasana

Manfaat: Mengoptimalkan manfaat sarvangasana

Meringankan sakit asthma,TBC,Bronchitis

Melemaskan tulang leher setelah berlatih sarvangasana

3 Comments »

  1. Saya sangat butuh informasi mengenai jadwal, tempat dan biaya pendaftaran serta bulanannya, mohon informasi.
    Saya sangat ingin berlatih yoga untuk kesehatan saya, sebab saya merasa ada keluhan pada jantung saya yang sering berdebar-debar dan sempat tensi naik, terima kasih sebelumnya saya tunggu jawabannya

    Comment by Ketut Mertha Sedana | February 23, 2010 | Reply

    • bisa hub mba sila di 081933113410

      Comment by Premadevi Yoga Bali | January 19, 2011 | Reply

  2. maaf mo nanya.adakah asana yang bisa menurunkan hipertensi ?. terimka kasih

    Comment by samudi | July 28, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: