PREMADEVI YOGA

Pusat Latihan Yoga Wanita di Bali

Yoga Pasraman Kilat

100_1272

MATERI LATIHAN YOGA ASANA

DALAM KURIKULUM PENGAJARAN PASRAMAN KILAT

(SD-SMP dan SMA)

Materi latihan berikut ini telah diintrodusir oleh Premadevi Yoga Bali selama menangani latihan yoga untuk pasraman sekolah sejak 2006 silam.


  1. A. SURYA NAMASKAR

Manfaat :

– Surya Namaskar memiliki pengaruh yang sangat kuat pada semua jaringan tubuh : kelenjar endokrin, peredaran darah, pernafasan, pencernaan dan lain lain serta membantu membuat semuanya menjadi saling seimbang dengan yang lainnya. Surya namaskar menempatkan semua jaringan dalam keseimbangan, dan juga mambantu menyembuhkan banyak penyakit

B. PADA HASTASANA

Manfaat :

– Membantu melenyapkan atau mencegah berbagai penyakit perut. Mengurangi kelebihan lemak pada daerah perut, memperbaiki pencernaan dan membantu menghilangkan sembelit. Memperbaiki peredaran darah, membuat tulang belakang lemas dan menyelaraskan syaraf-syaraf tulang belakang.

C.TRIKONASANA

Manfaat :

– Merangsang susunan syaraf dan mengurangi ketegangan syaraf, mendorong nafsu makan, memperbaiki pencernaan dan menghilangkan sembelit. Memijat urat syaraf tulang belakang, otot-otot punggung bagian bawah dan organ-organ perut.

D. DANURASANA

Manfaat :

– Untuk memijat organ-organ dan otot-otot perut dengan kuat, menghilangkan berbagai penyakit usus perut, pencernaan yang terganggu, sembelit yang kronis dan kelembaman hati. Mengurangi lemak pada daerah perut dengan cepat.

E. PADMASANA

Manfaat :

– Mengarahkan aliran prana yang baik dari muladhara cakra (pada selangkangan) sampai sahasrara cakra (cakra mahkota di ubun ubun). Menyelaraskan tulang tungging dan syaraf-syaraf sacral dengan penyediaan aliran darah tambahan. Dapat membantu menghilangkan masalah masalah fisik, syaraf dan emosional, dan dapat merangsang proses pencernaan.

F. VAJRASANA

Manfaat :

– Sikap ini meningkatkan ketepatgunaan seluruh system pencernaan. Sangat baik dilakukan setelah makan, terutama bagi orang-orang yang menderita ketidaksanggupan mencerna. Dapat memperkuat otot-otot panggul yang membantu mencegah hernia dan membantu para wanita pada saat melahirkan. Vajrasana adalah satu-satunya sikap meditasi bagi orang-orang dengan infeksi pegal linu dan infeksi selangkangan. Sangat berguna dalam menghilangkan berbagai penyakit perut seperti bisul perut atau radang dinding lambung.

G. SAVASANA

Manfaat :

– Mengendorkan seluruh system psikofisiologi. Tepatnya dilakukan sebelum tidur, sebelum atau selama latihan asana dan terutama sekali setelah latihan- latihan dinamis seperti surya namaskar.

H. HALASANA

Manfaat :

– Mengatur organ-organ perut, terutama ginjal, hati, dan pancreas. Mengaktifkan pencernaan, menghilangkan sembelit dan mengurangi lemak pada pinggang. Mempengaruhi semua organ-organ rongga perut. Mengatur semua kegiatan gondok, sehingga dapat menyeimbangkan semua tingkat metabolisme tubuh. Membantu mengobati diabetes, menghilangkan wasir, mengendurkan tulang belakang dan menyeimbangkan syaraf-syaraf tulang belakang.

I. VIPARITAKARANI MUDRA

Manfaat :

– Merangsang kelenjar gondok, memperbaiki keseimbangan peredaran darah, system pencernaan, reproduksi, jaringan syaraf dan jaringan kelenjar. Mengeluarkan tekanan daya tarik bumi yang normal dari otot-otot dubur, menghilangkan wasir. Menyeimbangkan kedua kaki, perut, organ-organ reproduksi wanita, punggung dan leher.

J. SETU BANDHASANA

Manfaat :

– Menyelaraskan daerah tulang belakang pinggang dan otot tumit di belakang pergelangan kaki.

K. PASCIMOTANASANA

Manfaat :

– Meregangkan otot-otot lutut dan mengendorkan persendian tulang paha. Menghilangkan kelebihan lemak secara efektif pada daerah perut, menyeimbangkan seluruh organ perut dan menghilangkan penyakit di daerah ini, seperti diabetes. Menyelaraskan organ organ panggul sehingga bermanfaat terutama untuk menghilangkan berbagai penyakit sexual wanita. Merupakan asana yang sangat kuat untuk mengembangkan kesadaran spiritual.

L. TOLANGULASANA

Manfaat :

– Mengurangi kegemukan, menyelaraskan organ-organ perut termasuk hati, memperkuat bahu, punggung dan leher, melebarkan dan memperkuat dada, menyebabkan tingkat pengendoran yang tinggi.

M. MATSYASANA

Manfaat :

– Dapat meregangkan usus dan organ-organ perut dan sangat berguna bagi segala penyakit perut. Membantu melancarkan kembali darah yang tersumbat pada punggung dan mengatur fungsi kelenjar gondok.

N. ARDHA MATSYENDRASANA

Manfaat :

– Menyelaraskan syaraf-syaraf tulang belakang, membuat otot-otot punggung lemas dan mengendurkan tulang belakang. Memijit organ-organ perut sehingga dapat menghilangkan berbagai penyakit pencernaan. Membantu mengurangi sakit pinggang dan rematik otot. Mempengaruhi sebagian besar syaraf yang menghubungkan otak ke seluruh tuuh, membuat jaringan syaraf lebih efisien dan sehat.

O. SIRSHASANA

Manfaat :

– Meningkatkan aliran darah ke otak dan kelenjar otak yang membantu memperbaiki banyak bentuk syaraf dan penyakit-penyakit kelenjar, terutama yang berhubungan dengan jaringan reproduksi. Membantu menghilangkan sakit kepala,asma, kurang tenaga dan dapat memberikan kekuatan kembali pada pikiran dan tubuh.

2 Comments »

  1. Apakah dgn berlatih yoga secara rutin bisa memperbaiki kondisi tubuh yg sakit…

    Comment by Naila Amany | June 20, 2010 | Reply

    • Tat astu..!

      Comment by Premadevi Yoga Bali | March 9, 2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: